Pedoman Komunitas

PETUNJUK & ATURAN UMUM

Petunjuk dan aturan umum berikut ini dibuat untuk menjalin keakraban antara komunitas penjual dan pembeli di Carousell :) Di bawah ini adalah beberapa peraturan yang harus Anda ikuti. Gunakan aturan berikut untuk membantu kami membuat komunitas Carousell jadi lebih baik lagi. Saat Anda melihat ada pengguna yang tidak mengikuti peraturan yang ada, tandai iklan barang untuk ditinjau ulang, atau email untuk memberitahu kami.

Apa yang harus Anda lakukan:

Foto barang yang akan dijual

Snap, List & Sell! Ambil foto, pasang iklan dan jual! Gunakan foto original yang diambil sendiri. Apabila Anda harus menggunakan foto dari website atau foto dari profil orang lain, pastikan Anda memberi keterangan nama pemilik foto atau sumber foto tersebut. Hargai hak cipta orang lain dan pastikan barang Anda dipasang di kategori yang benar.

Buat iklan barang yang moderat

Pastikan barang yang Anda jual aman untuk segala usia dan tidak mengandung hal yang tidak pantas kepada kalangan minoritas. Ayo buat Carousell aman dan menarik buat semuanya!

Ramah dan saling menghargai

Ayo berinteraksi dengan sesama pengguna seperti layaknya seorang teman atau tetangga Anda. Setiap orang memiliki gaya, selera dan kreativitas masing-masing yang diekspresikan pada iklan barang mereka, jadi kami berharap Anda dapat menghargainya. Berlaku sopan pada saat bertanya-tanya mengenai barang yang dijual. Demikian Carousell dapat menjadi komunitas jual beli yang menyenangkan, dimana setiap orang merasa nyaman seperti berada rumah. Ramah lah, Carousellers!

Jujur & tulus

Jadilah diri Anda sendiri saat berinteraksi dengan sesama pengguna Carousell. Mohon tidak menyebarkan spam dan tidak mempromosikan diri sendiri yang mendampakan hal buruk pada kredibilitas dan reputasi Anda.

Buat daftar barang jualan yang dapat dipercaya

Saat membuat iklan barang jualan, Anda diharapkan untuk membuatnya seakurat dan sejujur mungkin dalam keterangan barang. Tampilkan apa yang mungkin menjadi perhatian pembeli (cacat/rusak, warna yang sudah pudar, dll) pada deskripsi Anda. Pembeli hanya akan menghargai kejutan yang menyenangkan dan akan bereaksi negatif apabila barang yang datang tidak sesuai deskripsi iklan. Jangan menyatakan barang yang dijual asli apabila barang tersebut adalah replika. Berlaku jujur sebelum bertransaksi dengan pembeli.

Berikan usaha lebih dalam membuat iklan barang

Kami telah membuat cara menjual barang yang sangat mudah melalui aplikasi dan website kami.  Namun, untuk menghasilkan sebuah foto yang menarik, Anda masih butuh usaha yang lebih lagi. Pastikan cahaya yang cukup, latar belakang yang bersih, dan posisi barang yang bagus. Akan lebih baik lagi untuk memperindah foto barang Anda dengan photo-editor yang tersedia atau aplikasi dan software foto editor lainnya. Be creative! Foto yang diambil sembarangan atau gelap kurang menarik bagi pembeli. Hal terpenting adalah foto yang jelas dan kami sarankan Anda juga memasukkan foto tanpa filter, paling tidak satu foto asli pada empat tempat foto yang tersedia.

Jadilah penjual & pembeli yang bertanggung jawab

Bertanggung jawab pada tindakan yang Anda lakukan. Menghargai orang lain seperti Anda ingin dihargai. Sebagai penjual, pastikan barang jualan Anda sama seperti di foto, jujur mengenai kecacatan dan ukuran, dan langsung mengirimkan barang dengan waktu yang tepatkepada pembeli apabila sudah ada konfirmasi pembayaran. Sebagai pembeli, bayarlah tepat pada waktunya, memberitahukan penjual apabila Anda sudah sepakat, dan pandailah dalam membeli. Gunakan fitur Chat (Pesan) dengan baik dan pastikan bahwa Anda puas dengan keterangan barang yang tersedia sebelum membeli. Kami menganggap kasus penipuan secara serius dan akan mengambil tindakan tegas, termasuk memfasilitasi pengguna untuk melaporkan pengguna lain yang tidak bertanggung jawab kepada pihak kepolisian. Jujur dan bertanggung jawab sangatlah penting dalam komunitas Carousell.

Iklankan POs di kategori 'Community' 

Kami ingin membuat suatu marketplace (tempat jual-beli) dengan produk yang ready dan tersedia untuk dijual. Apabila Anda ada PreOrders (PO), mohon untuk memasang iklan di kategori 'Community' (Komunitas). Iklan PO yang ditemukan di kategori lain akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.  

Gunakan nama akun pengguna yang layak

Mohon memilih nama akun pengguna dengan 4 huruf alfabet atau lebih. Kami melarang penggunaan nama 'Carousell' di nama akun pengguna, dan apabila ditemukan, kami akan menggantikan nama tersebut tanpa pemberitahuaan sebelumnya. 

Apa yang TIDAK boleh Anda lakukan:

Mohon untuk tidak memposting "tulisan"

Kami menghargai foto dan gambar! Gunakan Carousell seperti tujuan dari aplikasi ini dibuat, Snapping & Selling. Dan ini berarti gambar dan fotografi, bukan tulisan dari 'Notes' - ini merupakan hal yang sangat tidak kami setujui. Dekorasi tulisan pada gambar tidak masalah, tetapi apabila terdapat daftar tulisan yang mencolok, kami tidak akan segan untuk menghapus postingan tersebut, atau bahkan menghentikan seluruh kegiatan dari akun Anda. Gunakalah kolom deskripsi sebaik-baiknya. Kami ingin meningkatan pengalaman mobile sepenuhnya.

Mohon untuk tidak mendaftarkan barang di beberapa kategori yang tidak relevan

Tas, sepatu dan pakaian tidak termasuk dalam Produk Kecantikan, bukan? Kami meminta para pengguna untuk memasang iklan barang pada kategori yang sesuai. Apabila Anda tidak dapat menemukan kategori yang sesuai dengan barang jualan Anda, mohon memberi email kepada kami, kami dengan senang hati akan menerima saran untuk pembuatan kategori terbaru. Tandai dan laporkan jika Anda menemukan barang jualan pada kategori yang tidak sesuai. Kami tidak akan ragu untuk menghapus barang tersebut atau bahkan menghentikan kegiatan dari akunnya.

Dilarang keyword spam (mendeskripsi iklan dengan kata-kata yang tidak relevan) 

Mohon untuk tidak mendeskipsi iklan barang dengan kata-kata yang tidak relevan / sesuai. Hal ini akan mempengaruhi kualitas penggunaan aplikasi. Misalkan, penggunaan kata-kata ‘F21, Zara, Topshop’, dll sementara barang yang Anda jual jelas bukan barang tersebut. Apabila ditemukan keyword spamming, iklan barang tersebut akan kami hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya atau bahkan mensuspensi akun tersebut.

Dilarang mendaftarkan barang-barang yang dilarang atau bersifat dewasa

Tidak ada pornografi, jasa seksual, konten vulgar atau bersifat dewasa/ erotis (alat bantu seks / vibrator / obat seks / obat kuat / perangsang / pemerah putih / pemutih selangkangan) - Carousell terbuka untuk individual pada semua umur, termasuk beberapa yang masih sangat muda seperti usia 12 tahun, so please let's keep Carousell clean and safe that way. Barang-barang yang dilarang termasuk alkohol dan minuman keras lainnya, bahan peledak berbahaya, suplemen kesehatan, makanan yang mengandung racun, obat-obatan terlarang, tanaman dan binatang yang dilindungi (termasuk bagian tubuh seperti taring, cakar, air keras, kulit, dll), serangga, barang replika / branded wanna be (KW, super premium, grade AAA/+++, suprem), barang bajakan (copy dari original), asuransi / KTA / kartu kredit dan sebagainya, blackmarket item, senjata (termasuk senjata api, senjata angin, dan benda yang mirip / sejenisnya), jasa pemalsuan dokumen / jual ijazah / jual sertifikat / jasa jailbreak, minyak pelet / jasa santet / jasa teluh, produk atau jasa yang melanggar undang-undang dan peraturan pemerintah, barang hasil kejahatan (ilegal / barang curian), produk MLM / Money Games / PPC / cepat kaya dan sebagainya, organ tubuh manusia dan manusia (human trafficking), pakaian dalam bekas. Akun yang melanggar peraturan ini akan dihentikan dan tidak diberikan akses untuk melanjutkan kegiatannya lagi di Carousell. 

Dilarang menggunakan kata-kata kasar di nama akun pengguna

Mohon untuk tidak menggunakan kata-kata yang kasar, tidak sopan dan vulgar saat pendaftaran nama akun pengguna. Kami ingin menciptakan komunitas jual beli yang menyenangkan dan nyaman bagi semua pengguna Carousell. Akun yang melanggar peraturan ini akan dihentikan dan disuspensi dari Carousell. 

Jangan berlaku kasar

Kami ingin Carousell menjadi komunitas yang nyaman dan menyenangkan untuk semua orang, karena itu, berlaku sopan dan hargailah orang lain pada saat melakukan transaksi. Apabila kami menerima laporan atas tindakan Anda yang tidak sopan, kami akan mengirimkan peringatan dan tidak akan segan untuk menghentikan akun Anda.

Dilarang mengiklankan jasa atau persewaan

Jasa atau persewaan, kecuali sewa properti dan kendaraan, tidak masuk ke dalam misi Carousell untuk menjadi satu tempat jual beli barang-barang lifestyle di antara customer-to-customer. Apabila ditemukan iklan jasa dan persewaan, kami akan menghapus iklan tersebut. 

Dilarang Spam!

Tidak ada orang yang suka melihat 10 iklan produk yang sama berturut-turut. Memasang iklan barang yang sama tentunya tidak masalah, tetapi pastikan waktunya dengan baik dan pikirkan pengguna lain yang juga ingin mengiklankan barangnya. Mempromosikan diri sendiri dan spam komersil seperti URLs yang mengarah pada website lain tidak diperbolehkan.

Jangan berperan sebagai orang lain 

Mohon untuk tidak berperan sebagai pengguna lain. Carousell melarang aktivitas yang menampilkan orang lain dengan secara menipu atau menyesatkan. Kalau ditemukan, akun akan dihentikan dan tidak diberikan akses untuk melanjutkan kegiatannya lagi di Carousell. 

Beberapa hal ini termasuk berkedok:

-menggunakan informasi pribadi orang lain (seperti foto, informasi kontak dll)

-menggunakan nama pengguna dengan motif untuk menipu atau menyesatkan

Beberapa hal lain yang harus diperhatikan:

- Apabila melakukan transaksi COD ( Cash On Delivery), periksa barangnya kembali sebelum Anda memberi pembayaran. Pastikan Anda tahu apa yang Anda beli sebelum melakukan pembelian. Membeli secara online / secondhand memiliki beberapa resiko, jadi kurangi resiko tersebut dengan selalu melakukan negosiasi untuk keamanan pribadi dan diskusikan semua hal yang berkaitan dengan barang tersebut dengan penjual. Tanyakan bukti pengiriman, nomor transaksi keuangan / bukti transfer, foto asli barang dan pastikan Anda puas pada semua detil dan penjelasan barang sebelum melakukan pembayaran. Jika mencurigakan, pastikan Anda memiliki bukti yang cukup. 

- Pastikan Anda melakukan transaksi yang aman. Untuk COD, atur untuk selalu bertemu di tempat umum dimana Anda dengan pembeli / penjual tidak sendirian. Misalnya di tempat-tempat umum seperti Mall, kampus dan sebagainya. Berhati-hatilah!

- Penjual kami memiliki keleluasaan untuk menentukan kebijakan dalam bertransaksi. Tapi jadilah penjual yang bertanggung jawab.

- Kami tidak memiliki kuasa dalam transaksi antara penjual dan pembeli, maka kami tidak bisa bertanggung jawab pengembalian uang dari penjual dan masalah yang berkaitan dengan pembelian yang tidak sesuai. Akan tetapi, silahkan menghubungi kami jika ada masalah yang dialami saat berjual beli di Carousell dan kami akan mengambil tindakan yang pantas. Hal ini berkaitan dengan menghapus daftar barang atau menghentikan kegiatan pengguna yang melanggar peraturan.

- Mungkin Anda menemui saat-saat dimana ingin melakukan blacklist dengan memasukkan foto akun yang menyinggung, akan tetapi hal ini bukan cara terbaik untuk mengatasi masalah. Anda bisa klik pada "Flag for Review" (tandai pada iklan barang untuk ditinjau) di bawah "More" yang berada di sebelah kanan bawah pada setiap barang dan kami akan melihatnya segera.

- Dilarang mempromosikan barang Anda dengan memberi komen pada iklan barang orang lain! Anda tentu tidak mau jika ada orang lain datang ke ‘toko’ Anda dan mengambil pelanggan Anda, bukan?

- Apabila Anda yakin bahwa ada masalah yang membutuhkan perhatian secara langsung, mohon hubungi tim Carousell dengan informasi sebanyak mungkin (username, deskripsi, dll), sehingga kami bisa dengan cepat memberi respon.

-----------

Jika Anda menemukan kesulitan mengikuti peraturan yang ada, kami dengan senang hati menerima pendapat Anda. Kami ingin memastikan bahwa semua pengguna Carousell mendapatkan pengalaman terbaik dari situs jual beli Carousell. Kami juga tidak suka bertindak keras, tetapi apabila ada iklan atau pengguna yang melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang ada, tim Carousell memiliki hak untuk mengambil tindakan yang tepat. Contohnya, menghapus iklan, suspensi akun dan restriksi akun untuk tidak melanjutkan kegiatannya lagi di Carousell. Kami tidak suka melakukannya, jadi kami harap Anda dapat mengikuti peraturan yang ada!

Pendapat Anda dengan Carousell sangat penting bagi kami dan kami akan selalu bersedia mendengarnya. Apabila Anda menghadapi masalah, silahkan beritahukan kami segera di support@carousell.com! Kami akan membantu semaksimal mungkin untuk membantu Anda menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

Mari membangun komunitas jual beli yang spesial dan menjalin keakraban antara penjual dan pembeli! :) Mohon pengertiannya bahwa penggunaan Anda di Carousell juga tunduk kepada  Terms of Service kami. Peraturan-peraturan yang ada dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dari tim Carousell.

- Carousell Team

Still need help? Contact Us Contact Us